Jasa Konsultasi dan Sertifikasi Terkemuka Di Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan, Kualitas dan Mutu

PT Cipta Mandala Indonesia sebagai perusahaan jasa konsultan dan pelatihan yang membantu Anda dalam bidang K3, lingkungan, kualitas dan mutu teknologi dengan keunggulan:

  • Konsultan profesional dengan total pengalaman 10+ tahun
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme
  • Program pelatihan dapat dilakukan dalam bentuk public training maupun in house training sesuai dengan kebutuhan klien
  • 100+ klien telah kami layani dari usaha kecil, menengah hingga perusahaan multinasional
pexels-thisisengineering-3861946.jpg

Sertifikasi

Pemerintah mengamanatkan bahwa seorang Pengawas Operasional Pada Pertambangan harus memenuhi Standar Kompetensi Kerja Khusus di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara dalam Peraturan Menteri ESDM No. 43 Tahun 2016. Hal ini sejalan dengan kebijakan yang telah ditetapkan melalui keputusan Dirjen Geologi dan Sumber Daya Mineral No. 0228.K/40/DJG/2003 tentang Kompetensi Pengawas Operasional pada perusahaan pertambangan mineral dan batubara serta panas bumi untuk dilakukan uji kompetensi bagi pengawas operasional.

PT Cipta Mandala Indonesia sebagai jasa layanan sertifikasi, siap mendukung Anda untuk memberikan layanan secara komprehensif. Dengan gabungan afiliasi tim, kami dapat mendukung dengan cara-cara yang memadai dan sesuai arahan.

Berikut adalah beberapa layanan jasa sertifikasi yang dapat kami bantu untuk Anda:

Sertifikasi BNSP

BNSP (Khusus Pertambangan)

Sesuai dengan keputusan Dirjen Geologi dan Sumber Daya Mineral No. 0228.K/40/djg/2003, Pengawas Operasional Pertama (POP) merupakan pengawas barisan depan yang mengawasi secara langsung para karyawan tingkat pelaksana dan POP memiliki tanggung jawab untuk mengelola Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dibidang pertambangan.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan POP ini adalah meningkatkan kompetensi calon Pengawas Operasional Pertambangan level Pertama agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Adapun syarat yang dibutuhkan sebagai berikut:

PERSYARATAN UMUM

  1. Minimal pendidikan SLTA, D3/S1/S2/S3 semua jurusan.
  2. Pengalaman dibidang pertambangan mineral dan/atau batubara untuk SLTA Minimal 10 tahun, D3 Minimal 3 tahun, S1/S2/S3 Minimal 1 tahun.
  3. Bagi Tenaga Kerja Asing (TKA), memiliki Surat Ijin Bekerja yang berlaku dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.
  4. Sekurang – kurangnya adalah pengawas tim atau memiliki sekurang – kurangnya 2 (dua) anak buah.
  5. Mengisi formulir uji (APL 01 & APL 02).
  6. Copy SK Pengangkatan Pegawai.
  7. Copy ljazah Terakhir.
  8. Curriculum Vitae (CV).
  9. Uraian Pekerjaan Terkini (Job Desk).
  10. Copy KTP terkini.
  11. Pas foto 3×4 sebanyak 5 lembar,latar merah & berpakaian rapi.

Selain itu, calon peserta juga harus memenuhi syarat wajib dokumen untuk dibawa atau diberikan pada saat pelaksanaan test POP.

Berikut daftar syarat wajib dokumen yang harus dipenuhi:

DOKUMEN WAJIB PESERTA POP

Pemohon mengisi formulir Asesmen Mandiri (APL 02) dan dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai berikut :

  1. Bukti-bukti kerja (minimal 2 dari pilihan dibawah ini):
    1. Inspeksi
    2. Shift report
    3. Insident report tingkat 1
    4. Safety talk
    5. Sosialisasi SOP 

Work permit yang sudah diisi : Ijin Kerja khusus atau, Izin kerja ruang terbatas atau, Izin Kerja penggalian atau, dll

Rekaman safety meeting:

    1. Absensi
    2. Notulen
    3. Laporan tindak lanjut

Sesuai dengan Permen 26 Tahun 2018 dan Kepmen 1827K Tahun 2018, Pengawas Operasional Madya (POM) merupakan pengawas barisan depan yang telah memiliki kompetensi yang memadai untuk mengawasi secara langsung para karyawan tingkat pelaksana dan POM memiliki tanggung jawab untuk mengelola Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dibidang pertambangan.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan POM ini adalah meningkatkan kompetensi calon Pengawas Operasional Madya agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Adapun syarat yang dibutuhkan sebagai berikut:

PERSYARATAN UMUM

  1. Telah memiliki sertifikat kompetensi sebagai Pengawas Operasional Pertama (POP)
  2. Memiliki pengalaman minimal 1 (satu) tahun sebagai Pengawas Operasional Pertama (POP)
  3. Pos foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar, berkemeja dan berdasi dengan background merah
  4. Copy Sertifikat Kompetensi Pengawas Operasional Pertama (POP)
  5. Copy KTP terkini
  6. Copy paspor yang masih berlaku bagi Warga Negara Asing (WNA)
  7. Copy surat izin tinggal kerja dari pejabat berwenang bagi WNA
  8. Curriculum Vitae (CV) terbaru

Pengawas Operasional Utama (POU) adalah pengawas yang memiliki tingkat atau peran menengah atau middle management dikarenakan memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua POU melakukan pengawasan sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan POU ini adalah meningkatkan kompetensi calon Pengawas Operasional Utama agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Adapun syarat yang dibutuhkan sebagai berikut:

PERSYARATAN UMUM

  1. Telah memiliki sertifikat kompetensi sebagai Pengawas Operasional Madya (POM)
  2. Memiliki pengalaman minimal 1 (satu) tahun sebagai Pengawas Operasional Madya (POM)
  3. Pos foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar, berkemeja dan berdasi dengan background merah
  4. Copy Sertifikat Kompetensi Pengawas Operasional Madya (POM)
  5. Copy KTP terkini
  6. Copy paspor yang masih berlaku bagi Warga Negara Asing (WNA)
  7. Copy surat izin tinggal kerja dari pejabat berwenang bagi WNA
  8. Curriculum Vitae (CV) terbaru

Okupasi Survei Technician berugas untuk mempelajari tugas pekerjaan mereka di bawah pengawasan surveyor atau kepala pihak survei. Awalnya, teknisi tersebut menangani tugas-tugas sederhana, seperti menempatkan penanda di darat dan memasukkan data ke dalam komputer.

Dengan seiring berjalannya waktu, teknisi tersebut mendapatkan izin untuk membantu memutuskan di mana dan bagaimana mengukur tanah. Okupasi Survei Technician menerima pelatihan di tempat kerja di bawah pengawasan seorang pembuat peta utama. Selama pelatihan, teknisi mempelajari bagaimana peta dibuat dan disimpan dalam database.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Okupasi Survei Technician ini adalah meningkatkan kompetensi calon teknisi agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Personil Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bertugas untuk menangani masalah keselamatan, bahaya fisik, kimia dan biologis dimana pun tempatnya, serta cedera dan penyakit yang ditimbulkannya, baik pada pekerja, konsumen, atau masyarakat umum. Maka, personel K3 harus dituntut untuk menangani masalah kesehatan dan keselamatan lingkungan.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Okupasi Personil Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini adalah meningkatkan kompetensi calon profesional K3 agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Supervisor Lingkungan Pertambangan Mineral dan batubara berperan sangat penting dalam memastikan lingkungan di daerah pertambangan. Mereka bertugas merancang dan melaksanakan program yang bertujuan untuk menjaga lingkungan kerja di daerah tambang yang optimal. Supervisor Lingkungan Pertambangan Mineral dan batubara juga bekerja sama dengan departemen yang menangani operasional, K3, dan juga teknisi agar dapat menciptakan suasana kerja yang optimal.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Supervisor Lingkungan Pertambangan Mineral dan batubara ini adalah meningkatkan kompetensi calon supervisor agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Okupasi Pengelola Estimasi Cadangan Mineral dan Batubara berperan untuk menentukan titik awal keberhasilan pengembangan tambang. Dengan memiliki kemampuan untuk memperkirakan hasil, Pengelola Estimasi Cadangan Mineral dan Batubara dapat diandalkan dengan menggabungkan kualitas yang baik dan data yang relevan, interpretasi geologi yang kompeten dan metodologi untuk menghasilkan sesuatu dari data dan interpretasi tersebut, representasi yang dapat diandalkan dari deposit termineralisasi, geometri, distribusi kadar, variabilitas metalurgi dan kepadatannya. Pengelola Estimasi Cadangan Mineral dan Batubara juga bekerja sama dengan insinyur pertambangan, ahli metalurgi, ahli ekonomi mineral dan ahli geologi.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Pengelola Estimasi Cadangan Mineral dan Batubara ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengelola agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Okupasi Pengelola Eksplorasi Terperinci Mineral dan batubara berperan untuk merencanakan dan melaksanakan program eksplorasi dekat tambang dengan tujuan menambah sumber daya ke cadangan tambang yang ada. Pengelola Eksplorasi Terperinci Mineral dan batubara memimpin tim yang terdiri dari tiga ahli, yaitu tim ahli geologi, tim lapangan pemetaan, dan tim pengeboran.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Pengelola Eksplorasi Terperinci Mineral dan batubara ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengelola agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Okupasi Pengelola Pemodelan dan Estimasi Sumber Daya Mineral dan Batubara memiliki peran agar dapat menerapkan geostatistik di semua tahapan siklus hidup tambang, mulai dari eksplorasi hingga pengembangan, produksi, dan bahkan untuk perbaikan lokasi. Pengelola Pemodelan dan Estimasi Sumber Daya Mineral dan Batubara harus memiliki berbagai metodologi yang dapat disesuaikan dengan semua komoditas dan jenis endapan.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Pengelola Pemodelan dan Estimasi Sumber Daya Mineral dan Batubara ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengelola agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Okupasi Juru pengeboran dan Peledakan pada Tambang Terbuka adalah operasi unit utama dalam penambangan terbuka. Terlepas dari yang upaya terbaik untuk memperkenalkan mekanisasi di tambang terbuka, peledakan merupakan cara yang terus mendominasi dalam setiap produksinya. Oleh karena itu, Juru pengeboran dan Peledakan pada Tambang Terbuka harus dapat memberikan hasil yang berdasarkan rencana yang telah dirancang.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Juru pengeboran dan Peledakan ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengelola agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

BNSP (Non - Pertambangan)

Operator K3 umum merupakan tenaga kerja teknik yang mempunyai keahlian khusus untuk membantu menjalankan tugas di bagian operasional setempat yang menganut peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah. Keberadaan Operator K3 umum akan turut membantu mengurangi risiko kecelakaan atau penyakit akibat kerja.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Operator K3 umum ini adalah meningkatkan kompetensi calon operator agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Ahli K3 umum adalah tenaga kerja teknik yang memiliki keahlian khusus untuk membantu pemerintahan dalam mengawasi pekerjaan agar mengurangi risiko kecelakaan atau penyakit akibat pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah. Selain itu, Ahli K3 Umum juga memiliki pekerjaan untuk mengontrol keadaan lingkungan kerja, mulai dari mengecek kondisi mesin, menganalisis sifat pekerjaan, dan mengawasi proses produksi serta membuat dan memberikan laporan terkait pelaksanaan tugas K3 yang akan diberikan kepada instansi yang berwenang. Oleh karena itu, pemerintah telah mengatur tata caranya melalui Permenaker No.2 Tahun 1992, bahwa setiap perusahaan yang memiliki pegawai lebih dari 100 orang atau memiliki risiko pekerjaan yang tinggi ,wajib mempunyai minimal seorang ahli K3 umum serta P2K3.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Ahli K3 umum ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengawas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Operator K3 Migas merupakan tenaga kerja teknik yang mempunyai keahlian khusus untuk membantu menjalankan tugas di bagian operasional Minyak dan Gas Bumi yang menganut peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah. Keberadaan Operator K3 Migas akan turut membantu mengurangi risiko kecelakaan atau penyakit akibat kerja.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Operator K3 Migas ini adalah meningkatkan kompetensi calon operator agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Pengawas K3 migas adalah tenaga kerja teknik yang memiliki keahlian khusus untuk membantu mengawasi, mengidentifikasi serta menerapkan pengendalian bahaya pekerjaan agar mengurangi risiko kecelakaan akibat pekerjaan di dunia minyak dan gas bumi sesuai dengan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah. Selain itu, Pengawas K3 migas juga memiliki pekerjaan untuk mengembangkan suatu sistem yang berhubungan dengan perlindungan serta wajib untuk memahami peraturan dan perundang-undangan K3 Migas yang berlaku.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Pengawas K3 migas ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengawas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Authorized Gas Tester adalah tenaga kerja yang diberikan tugas oleh pejabat berwenang untuk melakukan pengukuran serta mendeteksi berbagai gas yang dianggap berbahaya di tempat kerja yang bertujuan agar memastikan bahwa kondisi lingkungan / tempat kerja telah aman dari potensi bahaya yang timbul dari adanya gas-gas berbahaya seperti halnya pekerjaan panas (hot-work) atau pekerjaan dengan ruang terbatas (confined space entry).

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Authorized Gas Tester ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengawas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Petugas First Aid atau P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) merupakan petugas yang berupaya untuk memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja yang mengalami kecelakaan atau cidera di tempat kerja. Petugas First Aid wajib memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami peraturan dan konsep P3K serta mampu mengembangkan sistem P3K ditempat kerja.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Petugas First Aid ini adalah meningkatkan kompetensi calon petugas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Operator Mobil Crane merupakan petugas yang memiliki peran untuk mengoperasikan peralatan angkat sesuai dengan jenis dan kapasitas sesuai dengan kelasnya. Oleh karena itu, operator mobil crane harus memiliki sertifikat yang diperoleh melalui pelatihan serta memahami prosedur pengoperasian yang aman dimana keduanya memegang peranan penting dalam mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja dalam mengoperasikan crane.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Operator Mobil Crane ini adalah meningkatkan kompetensi calon petugas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Operator Excavator merupakan petugas yang memiliki peran untuk mengoperasikan excavator sesuai dengan peraturan dan arahan yang berlaku. Selain itu, operator excavator memliki peran untuk melakukan pemeriksaan keliling (Walk Around Inspection), memeriksa pelumas bahan bakar, air pendingin dan batere (Accu) serta membuat persiapan operasi untuk pekerjaan konstruksi dalam waktu tertentu dengan standar yang berlaku.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Operator Excavator ini adalah meningkatkan kompetensi calon petugas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Operator Forklift merupakan petugas yang memiliki peran untuk mengoperasikan forklift untuk alat angkut yang bertugas untuk memindahkan barang atau beda yang besar ke tempat yang ditentukan sesuai dengan peraturan dan arahan yang berlaku. Selain itu, operator forklift memliki peran untuk melakukan pemeriksaan keliling (Walk Around Inspection) dan melakukan perawatan forklift serta membuat persiapan operasi dalam waktu tertentu dengan standar yang berlaku.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Operator Forklift ini adalah meningkatkan kompetensi calon petugas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Operator Rigger merupakan petugas yang memiliki peran untuk membantu dalam pengikatan barang serta mengawasi kelancaran pengoperasian peralatan angkat (crane). Alat bantu yang digunakan operator rigger adalah sling. Operator rigger memiliki tingkat resiko yang tinggi karena jika terjadi kesalahan dalam kegiatan rigging, hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan kerja yang berakibat kerusakan alat atau melukai pekerja yang memungkinkan untuk mengakibatkan kematian.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Operator Rigger ini adalah meningkatkan kompetensi calon petugas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Petugas Penanganan Bahaya Gas H2s merupakan petugas yang memiliki peran untuk membantu dalam menangani, menganalisa serta menentukan tindakan yang memungkinan terjadinya resiko yang terjadi dalam eksplorasi dan produksi agar selalu aman di sekitar hidrogen sulfida. Oleh karena itu, setiap petugas yang menjadi penanganan Bahaya Gas H2s wajib mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi untuk mengetahui dan menyadari sifat dan karakteristik H2S.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Petugas Penanganan Bahaya Gas H2s ini adalah meningkatkan kompetensi calon petugas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Petugas Investigasi Kecelakaan Kerja merupakan petugas yang memiliki peran untuk membantu dalam menangani, menganalisa serta menentukan tindakan yang memungkinan terjadinya kecelakaan kerja berdasarkan data dan fakta yang terjadi di lapangan agar kejadian yang serupa tidak terulang kembali. Petugas investigasi kecelakaan dapat dikatakan efektif bila dapat mendeskripsikan kejadian sebenarnya, menentukan akar penyebab kecelakaan, menentukan risiko dan mampu mengembangkan tindakan pengendalian. Oleh karena itu, setiap petugas yang menjadi Investigasi Kecelakaan Kerja wajib mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi untuk dapat mengurangi kerugian besar bagi pekerja, keluarga, termasuk perusahaan.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Petugas Investigasi Kecelakaan Kerja ini adalah meningkatkan kompetensi calon petugas agar mendapat pengakuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

KEMNAKER - RI

KEMNAKER - RI (K3 Kesehatan Kerja)

Hiperkes adalah penggabungan kata dari Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Setiap ahli hiperkes memiliki spesialisasi di dalam ilmu higiene dengan ruang lingkup dunia kerja yang berdedikasi untuk mengenali, mengukur dan memberikan evaluasi dalam faktor penyebab gangguan kesehatan di suatu perusahaan.

Adapun yang dimaksud dalam Kesehatan Kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan/kedokteran beserta dengan prakteknya yang memiliki tujuan agar para pekerja memperoleh kesehatan yang sebaik-baiknya mulai dari fisik, mental dan emosional agar terhindar dari penyakit/gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pekerjaan dan/atau lingkungan kerja serta terhadap penyakit pada umumnya.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Hiperkes Medis/Dokter ini adalah meningkatkan kompetensi calon Medis/Dokter agar mendapat pengakuan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Rakyat Indonesia (KEMNAKER-RI) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Hiperkes adalah penggabungan kata dari Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Setiap ahli hiperkes memiliki spesialisasi di dalam ilmu higiene dengan ruang lingkup dunia kerja yang berdedikasi untuk mengenali, mengukur dan memberikan evaluasi dalam faktor penyebab gangguan kesehatan di suatu perusahaan.

Adapun yang dimaksud dalam Kesehatan Kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan/kedokteran beserta dengan prakteknya yang memiliki tujuan agar para pekerja memperoleh kesehatan yang sebaik-baiknya mulai dari fisik, mental dan emosional agar terhindar dari penyakit/gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pekerjaan dan/atau lingkungan kerja serta terhadap penyakit pada umumnya. Paramedis/Perawat atau Bidan memiliki teknis yang berbeda dengan Hiperkes Medis/Dokter. Pada umumnya, Paramedis hanya sampai perawatan menurut petunjuk dokter perusahaan, pedoman tertulis (standing orders), mengawasi pasien sakit hingga sembuh, menjalankan pencegahan penyakit menular (vaksinasi, dll) sehingga Paramedis hiperkes mempunyai kesempatan yang besar untuk menerapkan praktek-praktek standar perawatan dan melalui program pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, paramedis hendaknya selalu membantu tenaga kerja untuk mencapai tingkat kesehatan yang optimal.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Hiperkes Paramedis/Perawat atau Bidan ini adalah meningkatkan kompetensi calon Paramedis agar mendapat pengakuan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Rakyat Indonesia (KEMNAKER-RI) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan salah satu cara untuk memberikan bantuan atau pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja, buruh dan atau orang lain yang berada di suatu perusahaan. Dengan diberikannya pelatihan, para tenaga kerja medis diharapkan dapat menangani semua masalah kesehatan atau kecelakaan dengan pertolongan pertama agar tercipta zero accident dalam suatu perusahaan serta dapat meningkatkan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ini adalah meningkatkan kompetensi calon tenaga medis agar mendapat pengakuan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Rakyat Indonesia (KEMNAKER-RI) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

KEMNAKER - RI (K3 Keselamatan Kerja)

Ahli K3 umum adalah tenaga kerja teknik yang memiliki keahlian khusus untuk membantu pemerintahan dalam mengawasi pekerjaan agar mengurangi risiko kecelakaan atau penyakit akibat pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah. Selain itu, Ahli K3 Umum juga memiliki pekerjaan untuk mengontrol keadaan lingkungan kerja, mulai dari mengecek kondisi mesin, menganalisis sifat pekerjaan, dan mengawasi proses produksi serta membuat dan memberikan laporan terkait pelaksanaan tugas K3 yang akan diberikan kepada instansi yang berwenang. Oleh karena itu, pemerintah telah mengatur tata caranya melalui Permenaker No.2 Tahun 1992, bahwa setiap perusahaan yang memiliki pegawai lebih dari 100 orang atau memiliki risiko pekerjaan yang tinggi ,wajib mempunyai minimal seorang ahli K3 umum serta P2K3.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Ahli K3 umum ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengawas agar mendapat pengakuan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Rakyat Indonesia (KEMNAKER-RI) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) merupakan bagian dari manajemen perusahaan untuk mendukung atau mengendalikan segala resiko pada saat proses pekerjaan berlangsung di suatu perusahaan. Dalam PP No. 50 Tahun 2012 menjelaskan bahwa SMK3 dapat meningkatkan efektivitas perlindungan bagi tenaga kerja melalui SMK3 yang lebih terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengawas agar mendapat pengakuan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Rakyat Indonesia (KEMNAKER-RI) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Keselamatan Kerja Listrik merupakan tenaga kerja teknik yang memiliki keahlian khusus di bidang alat, bahan, proses, tempat (lingkungan) dan cara-cara melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan elektrikal yang memiliki tujuan agar melindungi tenaga kerja dalam melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan tegangan listrik disekitarnya, baik dalam bentuk instalasi maupun jaringan.

Pada dasarnya, Para pekerja K3 Listrik memiliki kewajiban yang diatur dalam UU 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang di dalamnya telah diatur pasal-pasal tentang keselamatan kerja untuk para tenaga kerja listrik.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan Keselamatan Kerja Listrik ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengawas agar mendapat pengakuan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Rakyat Indonesia (KEMNAKER-RI) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

K3 Konstruksi adalah tenaga kerja teknik yang memiliki keahlian di segala kegiatan konstruksi untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja dengan mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat pekerjaan konstruksi dengan menerapkan prinsip-prinsip kerja sesuai ketentuan K3 di lingkungan proyek.

Selain itu, K3 Konstruksi memiliki peran untuk kelancaran berjalannya proyek baik bagi pekerja maupun lingkungan sekitarnya ketika terjadinya kecelakaan atau bencana seperti memberi kesempatan atau jalan menyelamatkan diri pada waktu kebakaran atau kejadian-kejadian lain yang berbahaya, mencegah dan mengendalikan timbul atau meyebarluasnya suhu, kelembapan, debu, kotoran, asap, gas, uap, hembudan angin, cuaca, sinar atau radiasi, suara dan getaran, mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit akibat kerja, baik fisik maupun psikis, peracunan, infeksi, dan penularan, serta menyesuaikan dan menyempurnakan pengamanan pada pekerjaan yang bahaya kecelakaannya menjadi bertambah tinggi.

Tujuan PT Cipta Mandala Indonesia memberikan pelatihan K3 Konstruksi ini adalah meningkatkan kompetensi calon pengawas agar mendapat pengakuan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Rakyat Indonesia (KEMNAKER-RI) sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Untuk memenuhi standar tersebut, PT Cipta Mandala Indonesia dapat memberikan teori dan pelatihan ketrampilan yang sesuai agar dapat membantu peserta memenuhi standar yang berlaku.

Apa Kata Orang Tentang Kami?

Dolor magna eget est lorem ipsum. Adipiscing elit pellentesque habitant morbi tristique senectus et. Sapien eget mi.
Nishi Asan
Marketing Manager
Cursus mattis molestie a iaculis at erat pellentesque adipiscing. Elementum nibh tellus molestie nunc non blandit massa enim.
Anna Biasi
Marketing Manager

Butuh jasa konsultan profesional?

Isi data Anda dan kami akan menghubungi maksimal 1x24 jam.

     

    Anda berhasil berlangganan Newsletter!

    Terjadi kesalahan saat mencoba mengirim permintaan Anda. Silahkan coba lagi.

    PT. CIPTA MANDALA INDONESIA akan menggunakan informasi yang Anda berikan pada formulir ini untuk berhubungan dengan Anda dan untuk memberikan update dan marketing.