Sharing Session Online Training

Salah satu bahaya di lingkungan kerja yang sangat berpotensi menimbulkan korban jiwa adalah munculnya gas beracun hidrogen sulfida (H2S). Gas H2S merupakan gas yang tidak berwarna dan sangat beracun. Gas ini dikategorikan hazard industri yang sangat berbahaya karena dua alasan: tidak bisa mengandalkan penciuman sebagai peringatan awal dan serangan kerusakan indera secara tiba-tiba (NIOSH, 1983). Selain di lokasi pemboran, gas hidrogen sulfida juga ditemukan pada lokasi produksi migas dan panas bumi, pabrik kertas, dan industri kimia lainnya.

Mengingat sangat berbahayanya gas ini maka diperlukan suatu pekerjaan  atau petugas yang dikhususkan untuk memonitoring keberadaan dan kemunculan gas ini selama operasi berlangsung, khususnya dilokasi kerja yang berpotensi terdapat gas H2S. Ini diperkuat dengan Kepmennaker No. KEP. 210/MEN/X/2008 : Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Industri Minyak dan Gas Bumi Serta Panas Bumi Sub sektor Industri Minyak dan Gas Bumi Hulu Hilir (Supporting) Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sub Bidang Penanganan Bahaya Gas H2S.

Selain adanya petugas khusus, setiap pekerja yang berada di fasilitas industri perminyakan termasuk pemboran yang memungkinkan adanya kandungan gas beracun H2S harus memiliki pengetahuan tentang bahaya dan penanganan gas H2S serta mengembangkan pedoman keselamatan operasi terhadap bahaya gas beracun H2S. Dalam hal ini termasuk menyangkut pengetahuan tentang H2S, operasi yang aman, serta prosedur tanggap darurat (API 55-1995).

Materi Pelatihan

  • Apa itu H2S
  • Pengenalan alat deteksi dan proteksi
  • Tanggap darurat

Durasi Pelaksanaan

Efektif 1 hari kerja pelatihan

Pelaksanaan

Agustus 2020

Lokasi Kegiatan

Kegiatan sharing session online training akan diselenggarakan menggunakan aplikasi zoom

Harga Investasi

Rp. 3000.000

Informasi Sharing Session H2S Safety Awareness Online Training

https://bit.ly/2Zws9n7
https://bit.ly/38pXUSJ
hubungi contact person:
eva : 082224100500
Ifa : 082359207225

Start from me to zero accident

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *